Vrydag 24 Mei 2013

Beranda » » Gagal Kuasai Qushair, 75 Milisi Syiah Tewas

Gagal Kuasai Qushair, 75 Milisi Syiah Tewas

hizb jenasahTujuh puluh lima pejuang dari Hizbullah Libanon tewas di Suriah sejak mereka pertama kali terlibat dalam beberapa bulan terakhir di perang di negara itu, sebuah sumber yang dekat dengan kelompok militan Syiah, Kamis kemarin.

"Ada 57 tewas  di tempat dan 18 orang lain telah meninggal karena terluka sepanjang keikutsertaan Hizbullah dalam perang di Suriah," kata sumber itu kepada AFP.

Militan Hizbullah semakin terlibat dalam konflik Suriah, berjuang bersama pasukan Bashar al-Assad terhadap pemberontakan yang berkobar setelah rezim menumpas brutal terhadap protes demonstrasi di Negara itu.

Awalnya Hizbullah hanya mengatakan ingin membela 13 desa di sepanjang perbatasan Suriah di mana warga Syiah Lebanon hidup, dan ingin melindungi makam Sayyeda Zeinab  dekat Damaskus, sebuah situs ziarah agama Syiah yang  penting.

Namun pejuang Hizbullah kemudian mengepung kota Qusayr bersama dengan  pasukan rezim .

Hizbullah membantah keterlibatannya di Suriah selama beberapa waktu lalu , tetapi mereka diam-diam mengubur milisinya yang  tewas di Suriah.

Tapi keterlibatan Hizbullah itu menjadi terbuka ketika pemimpinnya Hassan Nasrallah melakukan penghormatan kepada militan yang tewas di perbatasan pada tanggal 30 April lalu.

"Suriah memiliki teman sejatinya  di wilayah ini, dan temannya tidak akan membiarkan Suriah jatuh ke tangan Amerika Serikat, Israel dan kelompok 'takfiri'," kata Nasrallah dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi gerakan, al-Manar.

Waddah Sharara, seorang ahli organisasi pertempuran , mengatakan Hizbullah memiliki sekitar 20.000 pejuang, di antaranya 5.000 hingga 7.000 memiliki pengalaman tempur. Antara 800 dan 1.200 ini telah terlibat ambil bagian dalam pertempuran di kota Qusayr.  (Alj/Dz)

Redaksi 24 May, 2013


-
Source: http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/gagal-kuasai-qushair-75-milisi-syiah-tewas.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Gagal Kuasai Qushair, 75 Milisi Syiah Tewas

Description: Gagal Kuasai Qushair, 75 Milisi Syiah Tewas - Rating: 4.5 - Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Gagal Kuasai Qushair, 75 Milisi Syiah Tewas