Maandag 27 Mei 2013

Beranda » » Ketua Umum PP Muhammadiyah Bertemu Presiden Kosovo

Ketua Umum PP Muhammadiyah Bertemu Presiden Kosovo

Home Internasional

Ketua Umum PP Muhammadiyah Bertemu Presiden Kosovo

 
Din saat menyampaikan pidato di World Jewish Congress di Budapest
 

Selasa, 28 Mei 2013

Hidayatullah.com--Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr Din Syamsuddin bertemu dengan Presiden Kosovo Ms. Atifete Jahjaga, dan Menlu Kosovo Enver Hoxhaj saat menghadiri Interfaith Conference di Peja, Kosovo.

Konperensi yang diselenggarakan Soul of Europe dan Kementerian Luar Negeri Kosovo itu berlangsung dua hari, 25-26 Mei 2013.

Konperensi yang dihadiri 300 an tokoh dan cendekiawan berbagai agama dari berbagai negara di dunia ini dibuka oleh Presiden Kosovo Ms. Atifete Yahyaga, mengangkat tema besar Peace and Reconciliation.

Din Syamsuddin menjadi pembicara pada sesi ketiga tentang "Shared Space, From A Common Word to Common Action", demikian dalam rilisnya yang dikirim ke hidayatullah.com, Selasa (28/05/2013) melalui email.

Dalam ceramahnya, Din menekankan pentingnya berbagi ruang dalam latar kemajemukan pada era globalisasi dewasa ini. Keengganan berbagi hanya menunjukkan sikap egoisme, ekslusfisme, dan kecenderungan akan monopoli dan dominasi.

Di sela-sela konperensi Din sempat berjumpa Presiden Kosovo Ms. Atifete Jahjaga, dan Menlu Kosovo Enver Hoxhaj. Keduanya melalui Din, mengharapkan agar Pemerintah Indonesia dapat memberi pengakuan terhadap kemerdekaan Kosovo, baik atas alasan perwujudan perdamaian dunia maupun alasan subyektif sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam.

Kosovo yang mempunyai penduduk 2,5 juta, 96 % di antaranya adalah Muslim. Pada saat pertemuan, Din menyatakan pengakuan dan dukungan Muhammadiyah dan sejumlah Ormas Islam terhadap kemerdekaan Kosovo.

Menurut dia, pengakuan RI terhadap kemerdekaan Kosovo sejalan dengan amanat Pembukaan UUD bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan penjajahan harus dienyahkan dari muka bumi.*

Rep: Panji Islam
Red: Cholis Akbar

27 May, 2013


-
Source: http://hidayatullah.com/dev/read/28743/28/05/2013/ketua%20umum%20pp%20muhammadiyah%20bertemu%20presiden%20kosovo.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Ketua Umum PP Muhammadiyah Bertemu Presiden Kosovo

Description: Ketua Umum PP Muhammadiyah Bertemu Presiden Kosovo - Rating: 4.5 - Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Ketua Umum PP Muhammadiyah Bertemu Presiden Kosovo