Maandag 27 Mei 2013

Beranda » » Kardinal Australia Kembali Minta Maaf Atas Pencabulan Anak

Kardinal Australia Kembali Minta Maaf Atas Pencabulan Anak

Home Internasional

Kardinal Australia Kembali Minta Maaf Atas Pencabulan Anak

 
George Pell menuding adanya budaya bungkam di kalangan gereja
 

Selasa, 28 Mei 2013

Hidayayatullah.com--Pemimpin umat Katolik Australia, Kardinal George Pell mengatakan ia meminta maaf sepenuhnya dan menyesal atas pencabulan anak-anak yang dilakukan oleh sebagian pengurus gereja Katolik selama puluhan tahun.

Kardinal Pell menyampaikan hal itu di hadapan tim penyelidik parlemen negara bagian di Victoria.

"Saya ingin mengatakan bahwa saya bersedia menuruti seruan pemimpin negara bagian Victoria untuk menyatakan bahwa saya benar-benar meminta maaf dan sangat menyesal," kata Kardinal Pell pada Senin (27/05/2013) dikutip BBC.

Kardinal Pell membantah ia pribadi turut menutup-nutupi pastur pedofil, tetapi mengatakan tindakan tersebut jelas terjadi.

'Budaya bungkam'

Ia mengakui bahwa pendahulunya Uskup Agung Melbourne, Frank Little, menutup-nutupi masalah dan tidak membahasnya dengan para penasehat atau dengan para uskup.

Ia menuding adanya budaya bungkam yang pernah berkembang di kalangan gereja.

"Saya pikir kesalahan terbesar terjadi karena tak seorang pun membahas masalah itu, tak seorang pun menyinggungnya. Jadi saya pikir tidak banyak orang di jajaran pimpinan gereja yang mengetahui persoalan menghebohkan dan menyebar luas yang terjadi," tuturnya.

Kardinal Pell menghadapi tuduhan sengaja menutup mata dan kurang berempati terhadap para korban dan keluarga mereka.

Gereka Katolik Roma di Victoria mengukuhkan lebih dari 600 kasus pencabulan anak oleh para pejabat gereja. Sebagian kasus terjadi pada tahun 1930-an.

Sebelumnya George Pell menggunakan Klik pesan Natal untuk menyampaikan permintaan maaf kepada semua pihak yang mengalami penderitaan di tangan pastur dan guru.

Penyelidikan di tingkat parlemen negara bagian Victoria diadakan bersamaan dengan penyelidikan nasional terhadap pencabulan anak-anak di lembaga negara dan lembaga agama di Australia.

Komisi Khusus

Tahun lalu, uskup senior di Australia ini juga pernah meminta maaf kepada siapa saja yang "telah menderita oleh tangan" para pastor dan guru agama. Permintaan maaf ini disampaikan dalam  pesan Natal, setelah menghadapi setahun yang penuh gejolak bagi gereja.

Dalam pesan melalui video yang disiarkan di televisi, Uskup Agung Sydney, George Pell, mengatakan, dia terkejut dan malu, menyusul serangkaian tuduhan pedofilia yang dilakukan para imam dan pastor dan upaya gereja menutup-nutupi kasus-kasus tersebut.

Perdana Menteri Julia Gillard tahun 2012 pernah membentuk satu komisi untuk menyelidiki semua persoalan yang ditujukan pada organisasi keagamaan, sekolah, dan panti-panti negara atas kasus-kasus pelecehan.*

Rep: Panji Islam
Red: Cholis Akbar

27 May, 2013


-
Source: http://hidayatullah.com/dev/read/28747/28/05/2013/kardinal%20australia%20kembali%20minta%20maaf%20atas%20pencabulan%20anak.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Kardinal Australia Kembali Minta Maaf Atas Pencabulan Anak

Description: Kardinal Australia Kembali Minta Maaf Atas Pencabulan Anak - Rating: 4.5 - Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Kardinal Australia Kembali Minta Maaf Atas Pencabulan Anak