Donderdag 23 Mei 2013

Beranda » » Jelang Ramadhan Penjualan Perlengkapan Shalat Laris Manis

Jelang Ramadhan Penjualan Perlengkapan Shalat Laris Manis

Home Nasional

Jelang Ramadhan, Penjualan Perlengkapan Shalat Laris Manis

 
Salah satu kios yang menjual peralatan shalat (foto: Ibnu Syafa'at)
 

Kamis, 23 Mei 2013

Hidayatullah.com--Ramadhan masih sekitar satu bulan setengah lagi, tetapi banyak orang yang sudah mempersiapkan kedatangannya. Sebagai pesiapan Ramadhan, berbagai keperluan Ramdhan sudah mulai laku di pasaran.

Komoditi yang laris jelang Ramadhan adalah  kain sarung, kopiah, baju koko, mukena, dan sajadah. Hal ini seperti yang terjadi di Pasar Tasik Thamrin City lantai 5 Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dalam pantuan hidayatullah.com, Rabu (22/05/2013) siang terlihat pembeli dan penjual sibuk melakukan transaksi. Salah seorang pedagang perlengkapan shalat, Uun Parlina mengakui jika penjualan barang dagangannya meningkat menjelang Ramadhan tahun ini.

"Biasanya menjelang Ramadhan tren penjualan mengalami peningkatan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Omzetnya pun bisa ratusan juta," jelas Uun.

Pembeli, kata Uun, tidak hanya berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya, tetapi juga ada pembeli dari luar daerah. "Mereka ada yang langsung datang ke sini, ada juga melalui online," terangnya.

Menurut Uun, yang saat ini sedang tren adalah sajadah, kain sarung, dan mukena untuk anak-anak yang dilengkapi bordiran gambar-gambar tokoh film kartun. "Saat ini yang penjualan tertinggi yang buat anak-anak itu. Kami mendesain itu agar anak-anak mau bersemangat untuk shalat," lanjut Uun.

Sementara itu, pedagang busana Muslim lainnya Sealfen Hetman juga merasakan hal yang sama. Menjelang Ramadhan tahun ini, ia mengaku sudah menjual ribuan kodi busana Muslim.

"Alhamdulilah setiap menjelang Ramadhan, penjualan mengalami peningkatan. Omzet bisa lebih dari lima ratus juta rupiah," kata pemilik Griselda Collection ini.

Lelaki asal Padang, Sumatera Barat ini juga mengaku kalau mayoritas pembeli berasal dari luar daerah. "Ya, banyak pembeli dari luar daerah. Biasa kami mengirim dengan ekspedisi," katanya.

Pasar Tasik Thamrin City lantai 5 ini memang dikenal, baik di Indonesia maupun negara tetangga, sebagai sentra grosiran busana Muslim. Dengan harga murah, pembeli bisa mendapatkan produk-produk berkualitas.

H. Fikri, Ketua Persatuan UKM Thamrin City lantai 5 mengatakan jika Pasar Tasik ini menjual beraneka ragam busana maupun aksesoris Muslim.

"Harganya murah dibanding dengan pasar busana Muslim lainnya. Dan produk-produk kami ini banyak juga dipesan untuk dijual kembali di supermarket maupun butik-butik," jelas Fikri.

Saat ini, tambah Fikri, ada sekitar 800 pedagang yang mengais rezeki di Pasar Tasik Thamrin City lantai 5.

"Dari 800 pedagang itu, semuanya adalah Muslim. Dengan begitu siapa yang membeli di pasar ini, berarti turut serta memajukan perekonomian umat Islam," jelas Fikri yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.*

Rep: Ibnu Syafaat
Red: Cholis Akbar

23 May, 2013


-
Source: http://hidayatullah.com/dev/read/28683/23/05/2013/jelang%20ramadhan%20%20penjualan%20perlengkapan%20shalat%20laris%20manis.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Jelang Ramadhan Penjualan Perlengkapan Shalat Laris Manis

Description: Jelang Ramadhan Penjualan Perlengkapan Shalat Laris Manis - Rating: 4.5 - Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Jelang Ramadhan Penjualan Perlengkapan Shalat Laris Manis