Woensdag 22 Mei 2013

Beranda » » Asteroid Sebesar Golden Gate Bridge akan Lintasi Bumi 31 Mei Mendatang

Asteroid Sebesar Golden Gate Bridge akan Lintasi Bumi 31 Mei Mendatang

asteroid asNational Aeronautics and Space Administration (NASA) mengumumkan sebuah asteroid dengan panjang 1,7 mil (sekira 27,35 kilometer) atau sebesar Golden Gate Bridge di Amerika Serikat (AS) akan melintas dekat dengan Bumi pada 31 Mei mendatang.

Dilansir TheVerge, Jumat (17/5/2013), asteroid ini tidak berbahaya karena lintasannya berjarak sekira 3,6 juta mil (atau sekira 15 kali lebih jauh daripada orbit bulan) dengan Bumi. Namun, ilmuwan memprediksikan dalam 200 tahun ke depan, asteroid ini akan berada pada jarak terdekat dengan Bumi.

Hingga kini ilmuwan NASA belum bisa memvisualisasikan permukaan asteroid bernama 1998 QE2 ini dengan menggunakan teleskop radar di darat.

"Kami berharap bisa mendapatkan serangkaian gambar yang dapat mengungkap permukaan asteroid dengan kamera beresolusi tinggi. Sebab setiap ada asteroid yang mendekati Bumi, itu merupakan kesempatan bagi para ilmuwan untuk mempelajari asal-usulnya secara detil," jelas astronom di Jet Propulsion Laboratory NASA, Lance Benner.

Data berupa gambar tersebut akan membantu para ilmuwan untuk melacak keberadaan benda-benda lain di luar angkasa yang akan mendekati Bumi. Sehingga, diharapkan dapat mencegah risiko asteroid menabrak Bumi seperti yang terjadi di Rusia pada awal 2013 lalu.

Sayangnya, asteroid yang akan melintasi Bumi ini tidak dapat dilihat oleh orang awam dengan mata telanjang. Jadi bagi yang ingin melihat seperti apa asteroid 1998 E2 tersebut, harus bersabar menunggu foto yang akan dirilis oleh teleskop NASA antara 30 Mei sampai 9 Juni mendatang.(NS/Okz/HK)

 

Redaksi 23 May, 2013


-
Source: http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/asteroid-sebesar-golden-gate-bridge-akan-lintasi-bumi-31-mei-mendatang.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Asteroid Sebesar Golden Gate Bridge akan Lintasi Bumi 31 Mei Mendatang

Description: Asteroid Sebesar Golden Gate Bridge akan Lintasi Bumi 31 Mei Mendatang - Rating: 4.5 - Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Asteroid Sebesar Golden Gate Bridge akan Lintasi Bumi 31 Mei Mendatang