Woensdag 22 Mei 2013

Beranda » » Ekonom Ada Baiknya Anggaran Kemenag Dipindahkan ke Bank Syariah

Ekonom Ada Baiknya Anggaran Kemenag Dipindahkan ke Bank Syariah

Home Ekonomi Syariah

Ekonom: Ada Baiknya Anggaran Kemenag Dipindahkan ke Bank Syariah

Kamis, 23 Mei 2013

Hidayatullah.com--Kebijakan Kementrian Agama (Kemenag) mengenai pemindahan dana haji dari bank konvensional ke bank syariah  mendapat tanggapan baik dari  akademisi ekonomi Islam. Menurut ketua Lembaga Pengembangan Ekonomi Islam(LPEI) Universitas Airlangga (Unair), Imron Mawardi, mengalihan dana itu akan semakin menambah aset perbankan syariah secara signifikan.

"Alhamdulillah nanti akan terjadi loncatan aset perbankan syariah secara signifikan," ujar Imron Mawardi  kepada hidayatullah.com, Rabu (22/05/2013).

Menurutnya meskipun pertumbuhan bank syariah di tahun 2012 mencapai 47% dengan total asset sekitar 200 triliun, itu masih sangat kecil bila dibandingkan dengan pertumbuhan bank konvensional dengan total aset 3000 triliun.

"Saya berharap ini menjadi momen baik untuk pemerintah  lebih memperhatikan bank syariah," ungkap Dosen Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair ini.

Ia membaningkan hadirnya perbankan Islam di Indonesia dan di Malaysia. Di Malaysia katanya, bank syariah lahir karena kepedulian pemerintah, sedangkan di Indonesia bank syariah ada karena permintaan  masyarakat. Itulah mengapa kebijakan dan peraturan pemerintah  belum sepenuhnya mendukung keberadaan bank syariah di Indonesia.

"Bank syariah di Indonesia masih dianggap sebagai bank alternatif, kalau di Malaysia bank syariah menjadi Bank Utama, default bank dari bank-bank milik pemerintah maupun swasta," ucapnya.

Menurut  Imron, sekarang tinggal  pemerintah memandang bank syariah, apa dia menjadi bank alternatif atau bank utama masyarakat indonesia, karena fatwa MUI tentang haramnya bunga bank menjadikan bank syariah  sebagai kebutuhan umat Islam.

Sebelumnya telah diberitakan, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu menyatakan, seluruh dana setoran awal jamaah haji di tanah air yang ada di bank konvensional sebesar Rp 11 triliun akan dialihkan ke bank syariah.

Menurut Imron, untuk menyambut lonjakan aset perbankan syariah di tahun 2014 nanti yang perlu dipesiapkan adalah Sumber Daya Mansuia (SDM) secara kualitas mau pun kuantitas.

"Meskipun tenaga perbankan syariah banyak, namun masih sedikit yang mamahami nilai filosofi syariah," ujarnya.

Imron pun berharap bukan hanya dana haji yang dipindahkan ke bank syariah, tapi dana anggaran Kementrian Agama juga yang semestinya dipindahkan ke bank syariah biar bisa terkelola secara syariah.*/Samsul Bahri


Red: Cholis Akbar

23 May, 2013


-
Source: http://hidayatullah.com/dev/read/28681/23/05/2013/ekonom%20%20ada%20baiknya%20anggaran%20kemenag%20dipindahkan%20ke%20bank%20syariah%20.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Ekonom Ada Baiknya Anggaran Kemenag Dipindahkan ke Bank Syariah

Description: Ekonom Ada Baiknya Anggaran Kemenag Dipindahkan ke Bank Syariah - Rating: 4.5 - Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Ekonom Ada Baiknya Anggaran Kemenag Dipindahkan ke Bank Syariah