Dinsdag 21 Mei 2013

Beranda » » Sidang Pra Peradilan Bradley Manning Dimulai

Sidang Pra Peradilan Bradley Manning Dimulai

Home Internasional

Sidang Pra-Peradilan Bradley Manning Dimulai

Rabu, 22 Mei 2013

Hidayatullah.com—Hari Selasa (21/5/2013) sidang pra-peradilan kasus Bradley Manning, prajurit Amerika Serikat pembocor ribuan informasi rahasia negara ke situs WikiLeaks, dimulai.

Dilansir Euronews, Manning dikembalikan ke Fort Meade, tempat di mana dia menyatakan diri bersalah guna mendapatkan keringanan hukuman dan diancam 20 tahun penjara atas dakwaan yang ditimpakan kepadanya. Jaksa penuntut militer berusaha menjerat Manning dengan pasal berat "membantu pihak musuh" yang bisa divonis dengan hukuman penjara seumur hidup.

Manning, 25, mengatakan bahwa alasannya membocorkan informasi rahasia adalah karena "rakyat Amerika Serikat berhak mengetahui berapa ongkos perang sebenarnya yang dikeluarkan" negaranya untuk melakoni perang di luar negeri.

Saat sidang pra-peradilan akan dibicarakan soal pembeberan informasi rahasia yang digunakan sebagai bukti persidangan, sehingga proses pengadilan tetap dapat disaksikan oleh publik dan pers.

Manning, yang berpangkat prajurit satu dan dicalonkan mendapat hadiah Nobel Perdamaian itu, membagikan sekitar 700.000 dokumen rahasia kepada situs WikiLeaks, termasuk rekaman video "Collateral Murder" yang menampakkan bagaimana prajurit AS dengan helikopter tempur menembaki rakyat sipil tidak bersenjata di Iraq termasuk dua orang wartawan kantor berita Reuters.*

Rep: Ama Farah
Red: Dija

22 May, 2013


-
Source: http://hidayatullah.com/dev/read/28672/22/05/2013/sidang%20pra%20peradilan%20bradley%20manning%20dimulai.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Sidang Pra Peradilan Bradley Manning Dimulai

Description: Sidang Pra Peradilan Bradley Manning Dimulai - Rating: 4.5 - Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Sidang Pra Peradilan Bradley Manning Dimulai