Dinsdag 21 Mei 2013

Beranda » » Yaman Selatan Menuntut Merdeka

Yaman Selatan Menuntut Merdeka

Home Internasional

Yaman Selatan Menuntut Merdeka

Rabu, 22 Mei 2013

Hidayatullah.com—Ribuan orang berkumpul di kota Aden di selatan Yaman, hari Selasa (21/5/2013), guna menuntut pemisahan kembali Yaman Selatan setelah 23 tahun bergabung dengan Yaman bagian utara.

Keresponden AFP melaporkan, para pengunjuk rasa berkumpul di sebuah lapangan besar di distrik Khor Maksar di Aden sambil mengibar-kibarkan bendera bekas negara Republik Demokratik Rakyat Yaman dan foto bekas presidennya yang kini tinggal di pengsingan, Ali Salem al-Baid.

"Kami menyatakan bahwa Sanaa tidak lagi memerintah kami. Keluar!," teriak para pengunjuk rasa.

"Kemerdekaan adalah tujuan kami," bunyi spanduk-spanduk yang mereka bawa.

Setelah Yaman bagian selatan dan utara bergabung menjadi satu negara pada tahun 1990, para pemimpin masyarakat di kawasan selatan sempat melancarkan perlawanan sebentar pada 1994, sehingga menimbulkan perang saudara. Perang sipil itu berakhir setelah dari utara dikirimkan pasukan militer dalam jumlah besar ke wilayah selatan Yaman.

Unjuk rasa hari Selasa kemarin itu menandai penentangan penyatuan Yaman yang pernah dinyatakan Al-Baid pada 21 Mei 1994.

Al-Baid, yang saat ini menetap di Libanon, masih terus mengkampanyekan pemisahan Yaman Selatan dari Yaman Utara, meskipun Gerakan Selatan --aliansi kelompok federalis yang kelompok yang ingin memisahkan diri dari Sanaa-- ikut serta dalam dialog nasional yang digelar di ibukota Yaman, Sanaa, yang dimulai pada 18 Maret 2013.*

Rep: Ama Farah
Red: Dija

22 May, 2013


-
Source: http://hidayatullah.com/dev/read/28674/22/05/2013/yaman%20selatan%20menuntut%20merdeka.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Yaman Selatan Menuntut Merdeka

Description: Yaman Selatan Menuntut Merdeka - Rating: 4.5 - Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Yaman Selatan Menuntut Merdeka