Sondag 26 Mei 2013

Beranda » » Walubi Dukung SBY Selesaikan Muslim Rohingya Budha

Walubi Dukung SBY Selesaikan Muslim Rohingya Budha

Home Nasional

Walubi Dukung SBY Selesaikan Muslim Rohingya - Budha

 
SBY dalam pidato menyambut Waisak
 

Senin, 27 Mei 2013

Hidayatullah.com--Plt Ketua Umum Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Arief Harsono mengatakan pihaknya mendukung kebijakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam menyelesaikan persoalan antara konflik etnis Rohingya (Muslim) dan umat Budha di wilayah Rakhine, Myanmar.

"Langkah bapak Presiden sangat tepat, membuat kami umat Buddha di Indonesia merasa tenteram, karena Bapak Presiden ikut ambil bagian dalam persoalan kemanusiaan di Myanmar," katanya pada perayaan nasional Waisak 2557 BE/ 2013 di Jakarta International Expo, Ahad (26/05/2013) dikutip Antara.

Ia mengatakan umat Budha mengutuk terjadinya kekerasan dan mengecam keras terjadinya penindasan terhadap sesama manusia.

Menurut dia umat Budha bersama-sama dengan umat agama lain menginginkan hidup dalam damai tanpa kebencian. Untuk itu, ia menyerukan agar masing-masing pihak terutama umat Buddha mencegah kekerasan.

"Di dalam Dhammapada dinyatakan kebencian tidak akan selesai jika dibalas dengan kebencian, tetapi hanya dengan memaafkan dan cinta kasih saja, maka kebencian lenyap," katanya.

Sedangkan Presiden Yudhoyono dalam kesempatan itu mengatakan, Indonesia terus mendorong terciptanya rasa aman dan damai antara sesama umat beragama di Myanmar.

"Kita tidak ingin terjadi tragedi kemanusiaan sebagaimana yang dialami saudara-saudara kita kaum Rohingya," kata Presiden. Presiden menambahkan, dirinya akan terus menjalankan diplomasi termasuk memelihara komunikasi dengan Presiden Myanmar, untuk mendorong dilakukannya  penanganan dan penyelesaian konfik komunal di Myanmar secara damai, adil dan bijak.

"Kekerasan dan pertumpahan darah harus dihentikan," kata Presiden.*

Rep: Panji Islam
Red: Cholis Akbar

26 May, 2013


-
Source: http://hidayatullah.com/dev/read/28727/27/05/2013/walubi%20dukung%20sby%20selesaikan%20muslim%20rohingya%20%20%20budha.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Description: Walubi Dukung SBY Selesaikan Muslim Rohingya Budha

Description: Walubi Dukung SBY Selesaikan Muslim Rohingya Budha - Rating: 4.5 - Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Walubi Dukung SBY Selesaikan Muslim Rohingya Budha